Minggu, 17 Januari 2010

Value and Satisfaction

“Kalau Anda menderita ketidakadilan, ampunilah dia,
sebab, jika tidak, akan terdapat dua orang yang jahat”. (Augustine)

Value and Satisfaction ???

Produk atau tawaran dikatakan berhasil apabila ia memberikan nilai dan kepuasan kepada target buyer/target market.
Di pasar, banyak sekali tawaran. Lantas, dengan cara bagaimana pembeli menentukan pilihan produk yang diinginkan untuk dibeli?

Diantara berbagai tawaran yang ada, pembeli akan memilih berdasarkan, yang manakah diantara alternatif tawaran2 tersebut yang memberikan Value/nilai yang paling tinggi?

Apakah value itu?
Value adalah rasio atau perbandingan antara apa yang konsumen peroleh dengan apa yang telah ia korbankan/berikan/keluarkan.


Dapatkah anda pahami definisi tersebut? Jika belum, bacalah berulang-ulang hingga anda paham. Setelah itu perhatikan rumusan berikut:
Value = benefit/cost
= functional benefit+emotional benefit /monetary cost+time cost+energy cost+phisic cost.

Bagaimana ???


Yaa...!!! Value atau ‘nilai’ bagi konsumen adalah keuntungan/manfaat yang diperoleh dari membeli suatu produk, dibandingkan dengan seluruh biaya yang sudah dia keluarkan.
Manfaat yang didapat meliputi manfaat fungsi (produk) dan manfaat emosional (kepuasan, peningkatan status dll). Sedang biaya yang dikeluarkan meliputi rupiah, waktu yang dikeluarkan, energi dan biaya fisik.

Pemasar dapat meningkatkan “value”, melalui beberapa cara antara lain : meningkatkan benefit, menurunkan biaya, meningkatkan benefits dan menurunkan biaya-biaya, meningkatkan benefits lebih dari peningkatan biaya atau menurunkan sedikit benefit tetapi tak lebih besar dari penurunan biaya.


Thank you for concentrating !

aridha

3 komentar: