Senin, 18 Januari 2010

Marketing Relationship and Network

“Seperlima orang yang ada, selalu menentang segalanya”. (Robert kennedy)

Relationship and Network???

Hubungan dan Jaringan. Apa itu hubungan dan apa itu jaringan pemasaran? Transaksi pemasaran merupakan bagian yang sangat berperan dalam membentuk hubungan pemasaran.
Marketing relationship mempunyai tujuan yakni menciptakan suatu bangunan “hubungan yang saling memuaskan” dalam jangka panjang dengan pihak-pihak tertentu (key parties), seperti misalnya pelanggan, supplier dan distributor_ dalam rangka mendapatkan dan mempertahankan hubungan bisnis.
Untuk mencapai hal ini, marketer dapat menjanjikan dan menyerahkan produk dan jasa dengan kualitas tinggi pada tingkat harga yang wajar.
Marketing relationship dapat membangun hubungan ekonomi yang kuat, teknologi dan sosial yang saling mengikat diantara pihak-pihak yang terlibat. Hal ini dapat menekan biaya transaksi.
Oleh karenanya, dalam beberapa kasus, marketing relationship yang sukses dapat menggerakkan pihak-pihak yang terlibat untuk bernegosiasi kapanpun dan ini menjadi sesuatu yang rutin untuk dilaksanakan.


Seluruh yang dihasilkan dari marketing relationship ini akan menghasilkan sebuah bangunan/bentukan yang dapat merupakan asset perusahaan yang khusus/unik. Inilah yang dinamakan “jaringan pemasaran/marketing network”.
Marketing network terdiri dari perusahaan dan para “stakeholder_nya”, yakni dengan siapa ia/perusahaan ini membangun hubungan bisnis yang saling menguntungkan.
( stakeholder antara lain: pelanggan, pegawai, supplier, distributor, retailer, agen periklanan, ilmuwan perguruan tinggi, dll).
Sekarang, ulangilah penjelasan beda marketing relationship dan marketing network!!!
aridha

Tidak ada komentar:

Posting Komentar