Minggu, 17 Januari 2010

Segmenting and Targetting

Saya tidak tahu kunci sukses,
tetapi kunci kegagalan adalah,
berusaha menyenangkan semua orang. (Bill Cosby)

Target Market and Segmentation
Pernahkah anda mendengar kata segmentasi? Pernahkah juga anda mendengar kata target market? Segmentasi dan target market sangat berkaitan.
“Segmenting is dividing market into segments”. Kita semua tahu bahwa pasar (ingat definisi pasar!) meskipun memiliki kebutuhan dasar yang sama, namun keinginan mereka bisa beragam dan sangat variatif.
Amatilah keadaan di sekitar kita. Apakah semua dari kita menyukai soft drink coca cola? Apakah semua dari kita menyukai teh botol sosro? Apakah semua dari kita menonton jenis film yang sama? semua kita menyukai film horor? semua kita menyukai fil action? Apakah semua dari kita bertempat tinggal dalam satu pemukiman/perumahan yang sama? Apakah semua dari kita menggunakan sabun mandi, detergen, pasta gigi dan sikat gigi yang sama? mengendarai mobil atau motor yang sama?
Kita memiliki beragam keinginan, oleh karenanya, satu produk saja untuk memenuhi seluruh kebutuhan dan keinginan kita adalah suatu hal yang impossible atau tidak mungkin.
Itulah sebabnya pemasar melakukan segmentasi pasar.
Para pemasar ini mengidentifikasi dan membuat profil kelompok-kelompok pembeli yang berbeda-beda. Kelompok yang satu mungkin lebih menyukai satu produk tertentu dibanding kelompok yang lain. Kelompok yang satu, bisa jadi memerlukan produk yang berbeda dari yang lain. Dan oleh karenanya kepada masing-masing kelompok ini tentu saja membutuhkan bauran pemasaran yang berbeda.
Kegiatan mengelompokkan atau membagi pasar inilah yang dimaksudkan dengan segmentasi pasar.
Berdasarkan faktor apakah kemudian pasar ini dibagi?
Segmentasi pasar bisa didasarkan atas faktor geografis, demografis , psikografis dan perilaku.
Pemasar melakukan segmentasi berdasarkan faktor geografis, apabila ia membagi pasarnya berdasarkan unit-unit geografis yang berbeda seperti negara, negara bagian, wilayah, propinsi, kota dan bahkan RT.
·
Perusahaan dapat memutuskan untuk beroperasi pada satu atau beberapa wilayah geografis atau beroperasi di seluruh wilayah dengan memberi perhatian pada variasi lokal dalam hal kebutuhan. ( Indomie menyediakan berbagai macam rasa untuk daerah yang berbeda, ada variasi kebutuhan lokal, yang dalam hal ini adalah selera)

Pemasar melakukan segmentasi berdasarkan faktor demografis, apabila ia membagi pasarnya berdasarkan variabel-variabel demografis seperti usia, jenis kelamin, ukuran keluarga, jenis keluarga, penghasilan, pekerjaan, pendidikan, agama, ras dan kewarganegaraan.
contoh: produsen susu biasanya mensegmen pasarnya berdasarkan faktor usia, meskipun ada produsen susu yang mensegmen pasarnya berdasarkan fator jenis kelamin (ingat L-Men).
Sekarang, cobalah anda memberikan contoh untuk point ukuran keluarga, jenis keluarga, penghasilan, pekerjaan, pendidikan, agama, ras dan kewarganegaraan !

Pemasar melakukan segmentasi berdasarkan faktor psikografis, apabila ia membagi pasarnya berdasarkan variabel-variabel psikografis seperti kelas sosial, gaya hidup dan kepribadian.
Produsen rumah, mobil, pakaian, meubel, jasa mengisi kegiatan waktu luang, mensegmen pasarnya berdasarkan kelas sosial.
Sekarang, cobalah anda memberikan contoh untuk point gaya hidup dan kepribadian.


Pemasar melakukan segmentasi berdasarkan faktor perilaku, apabila ia membagi pasarnya berdasarkan variabel-variabel perilaku seperti peristiwa, manfaat, status pemakai, tingkat pemakaian, status kesetiaan, tahap kesiapan, sikap terhadap produk.
perjalanan dengan menggunakan pesawat terbang dikaitkan dengan peristiwa bisnis, hiburan, liburan dan keluarga.
Perusahaan penerbangan dapat mengkhususkan diri dalam melayani orang-orang yang mendominasi salah satu peristiwa tersebut. Oleh karenanya pada peristiwa tertentu ada perusahaan penerbangan yang melayani orang-orang yang terbang berlibur secara berkelompok.
Sekarang, cobalah anda memberikan contoh untuk point manfaat, status pemakai, tingkat pemakaian, status kesetiaan, tahap kesiapan, sikap terhadap produk !

Setelah langkah segmentasi, maka perusahaan akan memilih satu atau beberapa segmen yang hendak dilayani. Tindakan memilih satu atau lebih segmen untuk dilayani inilah yang disebut sebagai targetting. Sedangkan segmen yang dipilih untuk dilayani disebut dengan target market.
Nah, sekarang anda mengerti bukan ?, Jika belum tuliskan pertanyaan anda pada space “komentar”. Terima kasih dan Selamat Belajar !
aridha

Tidak ada komentar:

Posting Komentar