Minggu, 17 Januari 2010

Needs, Wants and Demands

Begitu anda berhasil membuat orang-orang tertawa,
mereka akan mendengarkan anda,
dan anda dapat memberitahu hampir semua hal”. (Herbert Gardner)

Hubungan Needs, wants and demands ???


Tahukah anda apa itu needs, wants dan demands?
Dalam kamus bahasa Inggris Indonesia dapat anda temukan bahwa needs adalah kebutuhan, wants adalah keinginan dan demands adalah permintaan. Lantas bagaimana hubungan ketiganya?
Marketer atau pemasar harus memahami kebutuhan, keinginan dan permintaan dari target market_nya.
Kebutuhan menggambarkan tuntutan paling mendasar dari manusia. Manusia membutuhkan makanan, udara, pakaian dan tempat tinggal agar bertahan hidup. Manusia juga memiliki kebutuhan yang kuat akan rekreasi, pendidikan dan hiburan.
Kebutuhan-kebutuhan ini akan menjadi keinginan jika diarahkan kepada hal-hal yang sifatnya spesifik/khusus. Orang Amerika butuh makan, tetapi mereka ingin makan humberger. Orang Indonesia butuh makan dan ingin makan nasi. Demikianlah, kebutuhan itu dibentuk oleh latarbelakang sosial budaya.
Selanjutnya apakah yang dimaksud dengan demand/permintaan?
Demand adalah keinginan terhadap produk tertentu yang didukung oleh daya beli. dengan demikian, jika keinginan tak didukung oleh daya beli, maka hal ini bukanlah “demand”.
Banyak orang menginginkan mercedes, tetapi hanya sedikit yang mampu dan ingin “membeli”nya.
Perusahaan harus mengukur, tidak hanya berapa orang yang menginginkan, tetapi juga berapa orang yang memang betul-betul “ingin membeli” dan “mampu membeli”.
Have you got it ?
I hope so...
aridha

2 komentar: