Senin, 18 Januari 2010

Marketing Relationship and Network

“Seperlima orang yang ada, selalu menentang segalanya”. (Robert kennedy)

Relationship and Network???

Hubungan dan Jaringan. Apa itu hubungan dan apa itu jaringan pemasaran? Transaksi pemasaran merupakan bagian yang sangat berperan dalam membentuk hubungan pemasaran.
Marketing relationship mempunyai tujuan yakni menciptakan suatu bangunan “hubungan yang saling memuaskan” dalam jangka panjang dengan pihak-pihak tertentu (key parties), seperti misalnya pelanggan, supplier dan distributor_ dalam rangka mendapatkan dan mempertahankan hubungan bisnis.

Pertukaran dan Transaksi

“Orang bodoh menganggap dirinya bijak, sedangkan
oraang bijak menganggap dirinya bodoh”. (William Shakespeare).

Exchange and Transaction???

Pertukaran dan transaksi. Pertukaran hanya salah satu bagian dari cara seseorang memperoleh produk. Orang dapat memperoleh barang yang diinginkan dengan berburu, memancing atau pun memungut. Juga orang dapat bertindak pemaksaan seperti mengemis atau menerima pemberian.
Pertukaran, yang merupakan konsep inti pemasaran adalah yang memenuhi lima kondisi/syarat:

Minggu, 17 Januari 2010

Value and Satisfaction

“Kalau Anda menderita ketidakadilan, ampunilah dia,
sebab, jika tidak, akan terdapat dua orang yang jahat”. (Augustine)

Value and Satisfaction ???

Produk atau tawaran dikatakan berhasil apabila ia memberikan nilai dan kepuasan kepada target buyer/target market.
Di pasar, banyak sekali tawaran. Lantas, dengan cara bagaimana pembeli menentukan pilihan produk yang diinginkan untuk dibeli?

Diantara berbagai tawaran yang ada, pembeli akan memilih berdasarkan, yang manakah diantara alternatif tawaran2 tersebut yang memberikan Value/nilai yang paling tinggi?

Apakah value itu?

Product

“Membacalah, sebab membaca adalah pancuran kebijaksanaan,
berfikirlah, sebab berfikir adalah sumber kekuasaan.” (Anonim)

Product ???

Anda mungkin masih ingat ketika di kelas saya meminta anda memberikan contoh kepada kelas, tentang “produk apa saja”.
Jawaban anda waktu itu adalah “ sabun, shampo, meja, kursi, sepeda motor, mobil, rumah, barang elektronik, televisi, komputer dsb...dsb”.
Tidak salah memang, tetapi itu masih sebagian saja dari pengertian produk.
Simak! Apakah sebenarnya definisi produk?

Needs, Wants and Demands

Begitu anda berhasil membuat orang-orang tertawa,
mereka akan mendengarkan anda,
dan anda dapat memberitahu hampir semua hal”. (Herbert Gardner)

Hubungan Needs, wants and demands ???


Tahukah anda apa itu needs, wants dan demands?
Dalam kamus bahasa Inggris Indonesia dapat anda temukan bahwa needs adalah kebutuhan, wants adalah keinginan dan demands adalah permintaan. Lantas bagaimana hubungan ketiganya?
Marketer atau pemasar harus memahami kebutuhan, keinginan dan permintaan dari target market_nya.

Marketer and Prospect

“Kalau karakter seseorang itu tak jelas bagi anda,
lihatlah teman-temannya”. (pepatah Jepang)

Marketer and Prospect?
Seorang marketer/pemasar adalah seseorang yang pekerjaannya mencari sebuah respon atau tanggapan ( yang dapat berupa perhatian, pembelian, suara, atau masukan) dari pihak lain, yang (dalam dunia marketing) diistilahkan sebagai “prospect”.

Nah sekarang, jika anda sudah bekerja, dapatkah anda mengidentifikasi siapa marketer dan siapa prospek anda?

aridha

Segmenting and Targetting

Saya tidak tahu kunci sukses,
tetapi kunci kegagalan adalah,
berusaha menyenangkan semua orang. (Bill Cosby)

Target Market and Segmentation
Pernahkah anda mendengar kata segmentasi? Pernahkah juga anda mendengar kata target market? Segmentasi dan target market sangat berkaitan.
“Segmenting is dividing market into segments”. Kita semua tahu bahwa pasar (ingat definisi pasar!) meskipun memiliki kebutuhan dasar yang sama, namun keinginan mereka bisa beragam dan sangat variatif.

Rabu, 13 Januari 2010

Konsep Inti Pemasaran

Marketing Core Concept

Apa kabar hari ini? Saya berdo’a anda tetap dalam keadaan sehat.
Tahukah anda topik menarik apa yang akan kita bahas sekarang?
Adalah konsep inti pemasaran.
Mengapa kita harus mempelajarinya?

Pasar dan Pemasaran (pertemuan 1)

Memahami Manajemen Pemasaran

Tujuan Instruksional Khusus (TIK) bab ini adalah mahasiswa dapat menjelaskan :
1. pasar,
2. pemasaran,
3. manajemen pemasaran,
4. philosofi pemasaran,
5. target dan kebutuhan pasar.

Pasar
Berdasarkan pengalaman selama ini, setiap mengawali pertemuan dalam kelas manajemen pemasaran, saya selalu menanyakan kepada mahasiswa tentang definisi pasar. Tahukah anda? Lebih dari 90% dari mereka selalu menjawab bahwa “pasar adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi”. Bagaimana dengan anda? Apakah anda juga berpendapat demikian?